Sekilas Tentang Android, diakhir tahun 2013

Yak, saat ini sudah banyak sekali yang menggunakan Android. Tapi ada juga yang belum, contohnya saya sendiri. Hehehehe… kemungkinan besar karena saya belum kenal baik dengan robot hijau satu ini. Dan sepertinya, dalam waktu mendatang saya akan lebih banyak berinteraksi dengan dia. Mungkin juga beberapa orang diluar sana juga mengalami hal yang sama, *tos dulu.

Sebagai awal perkenalan, yuk sama-sama kenalan.

Apaan sih android itu?

“ Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. “  Wikipedia Indonesia 2013

“Android adalah sebuah platform terbuka komprehensif yang didesign untuk perangkat mobile.” Marko Gargenta di bukunya Learning Android, O’Reilly Media, Inc., 2011.

Jadi buat yang masih salah presepsi, Android itu bukan handphonenya, tapi sistem operasi dari handphone tersebut. :D

Perkembangan Android sekarang gimana sih?

Sebelum masuk kesana, gambar dibawah ini menjelaskan tentang generasi Android yang telah dirilis.

turunan-androidSemua nama-nama diatas adalah kue-kue yang terkenal di AS, perlu diperhatikan juga kalau pola penamaan berdasarkan urutan alphabet, hihi unik ya. Alasan kenapa begitu? Tidak dijelaskan secara signifikan oleh Google (sumber dari sini).  Perkembangan Android sendiri di Indonesia sudah mencapai 68,6 persen lho (sumber dari sini). Wow.

Emang kelebihannya apasih?

  1. Android bersifat Open Source, bukan berarti gratis lho ya. Tapi kita bisa juga bikin aplikasi sendiri, mengembangkan aplikasi Android sesuai dengan kebutuhan kita. Jangan lupa belajar dulu dan luruskan tujuan untuk niat yang baik ya… :D
  2. Karena sifatnya yang open source (poin 1), Android telah dikembangkan oleh banyak orang diseluruh dunia. Sehingga kita dapat menggunakan aplikasi yang telah mereka kembangkan secara gratis ataupun berbayar, sesuai dengan ketentuan pembuat aplikasi.
  3. Desain aplikasi Android terhitung elegan, dan user friendly.
  4. Android bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, jadi nggak cuma bisa smsan tapi juga bisa smsan sambil dengerin musik atau bahkan chatting, dan kalo masih tega sama batrenya bisa juga sambil ngegame :3.

Selain kelebihan-kelebihan diatas, perlu diingat bahwa Android ini juga punya kelemahan, ya samalah sama kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan, hanya Dia yang Maha Sempurna. Kelemahan-kelemahannya:

  1. Karena banyak aplikasi yang bisa diakses sekaligus, ini bisa mempengaruhi penggunaan baterai handphone. Jadi harus selektif juga milih-milih aplikasi yang digunakan, biar handphonenya awet. Tapi sekarang udah banyak powerbank (semacam charger portable) yang bisa jadi salah satu solusi buat kelemahan ini.
  2. Navigasi Android adalah touchscreen, terkadang ini menyulitkan pengoperasian pertama kali, tapi ini hanyalah masalah  kebiasaan, kalau sudah lama menggunakan pasti terbiasa dan tidak sulit lagi.
  3. Iklan dari aplikasi gratisan yang kita gunakan akan muncul setiap koneksi jaringan. Hehehe, yang sabar ya…
  4. Koneksi internet menyesuaikan dompet, jadi kita juga perlu selektif memilih operator yang bisa mendukung aktifitas internet kita.

Dari sini, bisa disimpulkan Android memang lebih tepat digunakan untuk orang-orang yang membutuhkan akses internet kapan saja dan dimana saja. Kalau cuma untuk sms dan telepon, mungkin cukup menggunakan handphone layar 2 warna saja. Hehehehe… selektif menggunakan elektronik yuk. :D

Android nanti gimana ya?

nextGenerationPengembangan yang telah dilakukan pada tahun 2013 cukup membuat Android sibuk, telepon menjadi lebih besar, lebih cepat, dan lebih kuat. Selain itu, perangkat tablet juga sudah banyak digunakan, Android pun beralih kepada smart watches dan perangkat game. Tahun selanjutnya Android akan menerapkan tren yang sama namun dengan lintasan yang berbeda.

Yang tidak ditemui pada tahun 2013, adalah pengenalan Google Play Edition, sehingga kemungkinan ini kan mulai diperkenalkan.

Tidak hanya itu, Android juga akan melakukan upaya upgrade daya tahan baterai hingga 2.500 mAh atau bahkan lebih, selain itu juga akan dikembangkan charging handphone nirkabel. Mengingat bahwa hanya ada beberapa standar bersaing dalam ruang saat ini, kemungkinan bahwa salah satu dari mereka akan muncul sebagai teknologi pilihan. Hal ini dikarenakan mulai dari generasi pertama, daya tahan baterai adalah yang sangat penting.

(sumber dari sini)

Tidak hanya mengandalkan koneksi internet, untuk mendapatkan informasi. Bluetooth dengan spesifikasi energy rendah (atau dikenal dengan Bluetooth pintar) membuka peluang dan berpotensi besar untuk menghubungkan apa saja dengan segala sesuatu ke awan (cloud).

Di antara tambahan terbaru untuk OS Android, serta kemampuan berpotensi baru terbaik dari segi internet, adalah spesifikasi Bluetooth pintar. Bagian menarik dari teknologi Bluetooth Smart yang berfokus pada pembuatan perangkat yang dirancang untuk mengumpulkan bagian tertentu dari informasi.

Suke Jawanda, CMO dari Bluetooth SIG, menjelaskan, “Dukungan Android asli untuk teknologi Bluetooth Cerdas Ready tersedia dalam beberapa bulan mendatang berarti pengembang Bluetooth Smart akan memiliki cara mudah untuk menghubungkan perangkat mereka ke dan mendistribusikan aplikasi mereka dalam ekosistem Android besar. “

(sumber dari sini)

About these ads

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s