Materi Outbond “Program Alih Jenjang D3-D4 SEAMOLEC-ITB” 12-13 Juli 2012

Outbound dilaksanakan dalam jangka waktu 2 hari, yakni tanggal 12 sampai 13 Juli 2012. Pada tanggal 12 Juli, kami, peserta outbound “Program Alih Jenjang D3-D4 SEAMOLEC-ITB”, berkenalan dengan pemateri yang akan mendampingi kami selama mengikuti kegiatan outbound, yakni Bapak Stanley Surlia. Pertama kali yang penulis ingat, Pak Stanley mengatakan, “Outbond bukan tentang OSPEK, tapi tentang pembentukan karakter. Semua sifat buruk yang ada pada Anda, akan kami pangkas dan kami sama ratakan”. Maksud dari pernyataan tersebut, diharapkan bahwa kegiatan outbound mampu membuat kita sadar dan berubah untuk menjadi lebih baik.

Hari itu kami, peserta outbound dibagi menjadi 4 kelompok yakni Kuda, Harimau, Kerbau, dan Matahari dengan karakter unik dari masing-masing simbol tersebut. Dengan terbentuknya kelompok-kelompok ini Pak Stanley membuat sebuah permainan yang nantinya akan menghasilkan bintang sebagai bentuk apresiasi anggota kelompok yang berhasil menjawab pertanyaan dengan tepat. Pertanyaan-pertanyaan melatih otak untuk berlogika, mengingat, serta berkreatifitas. Setelah permainan dalam ruangan, Pak Stanley memberikan tantangan pada setiap kelompok untuk dapat menjual pena dengan harga-diatas-standar dan setinggi-tingginya angka penjualan dalam bentuk uang maupun jumlah penjualan. Tantangan ini tidak sampai pada hari itu saja tapi dilanjutkan pada hari berikutnya (13 juli) namun dengan alat bantu yang berbeda yakni buku.

Malam hari 12 juli, sebelum api unggun dinyalakan, Pak Faisal (pendamping outbound) menyelenggarakan permainan yang melatih konsentrasi kami dengan memainkan permainan “Pencuri dan Polisi”, dalam permainan itu terbukti beberapa peserta (termasuk penulis) kurang berkonsentrasi hingga mendapat hukuman. Setelah itu api unggun dinyalakan, Pak Stanley memberikan sugesti pada kami untuk mengenggam sesuatu-apapun ditangan… sesuatu yang secara simbolik adalah karakter buruk yang kami miliki masing-masing. Setiap kelompok secara bergantian membakar apapun-yang-digenggam tersebut, dengan harapan kami juga membakar karakter buruk yang ada dalam diri kami. “Tujuan dari belajar adalah BERUBAH” tukas Pak Stanley yang sekaligus menyetujui komentar salah satu mahasiswa yang menjawab pertanyaan Pak Stanley. Semangat perubahan! Semangat belajar dan meraih sukses bersama-sama! D4 SEAMOLEC-ITB yes!😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s