Wawasan Entrepreneurship dengan “Produk-Spesial”

Wawasan Entrepreneurship merupakan salah satu materi-praktek yang didapatkan peserta “Program Alih Jenjang D3-D4 SEAMOLEC-ITB Batch 6” (termasuk penulis) pada saat kegiatan outbound. Wawasan Entrepreneurship yang didapatkan peserta outbound kali ini bertujuan untuk mengubah pola pikir ‘ingin-bekerja-di’ menjadi ‘ingin-mempekerjakan’ dengan menggunakan pena dan buku sebagai modal utama sekaligus bahan praktek. Selain itu dampak lain dari praktek ini adalah sebuah karakter-baru yang menggali keterampilan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan yang timbul saat ditemui di lapangan.

Pena adalah sesuatu yang dijual dengan harga yang terjangkau dan bernilai biasa. Namun, nilai pena bisa menjadi spesial ketika kita mampu meyakinkan pembeli dengan tujuan dan maksud dari penjualan pena tersebut yakni membantu biaya perkuliahan mahasiswa yang tidak lain adalah penulis dan kawan-kawan sendiri yang merupakan anak-perantauan yang siap terbang-tenggelam-di-kampung-orang. Ini bukan hanya tentang uang yang bisa dihasilkan dari penjualan, tapi tentang bagaimana menghadapi orang lain, mengatur kalimat, tutur bahasa, sikap pada orang yang baru dikenal agar dapat meyakini kita.

Secara garis besar penjualan pena yang sederhana dengan buku hampir memiliki persamaan konsep namun terdapat beberapa aspek yang berbeda, karena buku merupakan jendela ilmu dan memiliki nilai lebih sehingga tentunya dapat membantu penulis dan kawan-kawan untuk bisa lebih mengeksplor diri dalam mencari pengalaman berwirausaha.

Wawasan Entrepreneurship ini sangat bermanfaat untuk para peserta outbound, hal ini dapat melatih setiap peserta dalam berbagai aspek. Bagi penulis pribadi, wawasan entrepreneurship ini melatih berpikir positif secara ‘utuh’ dari awal hingga akhir, introspeksi diri dari presepsi yang dianggap ‘benar’ menjadi presepsi yang ‘tepat’, bertanggungjawab, memiliki target yang ‘tepat’ dan juga memanfaatkan kesempatan tanpa memandang siapa yang kira-kira akan atau pasti membeli produk yang kita tawarkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s