Games Outbound 13 Juli 2012 “Program Alih Jenjang D3-D4 SEAMOLEC-ITB”

Game yang dilakukan selama melaksanakan kegiatan Outbond “Program Alih Jenjang D3-D4 SEAMOLEC-ITB”, antara lain:

1. Perebutan ‘Mahkota’

Dalam permainan ini setiap kelompok peserta outbound mendapatkan satu buah ‘mahkota’ dalam bentuk slayer yang diikatkan di atas kepala ketua masing-masing kelompok. ‘Mahkota’ ini dapat diperebutkan oleh kelompok lain, dengan catatan apabila tangan tidak diletakkan diatas si-pemakai ‘mahkota’. Hal ini mengajarkan pada peserta outbound (termasuk penulis) bahwa sebuah ‘mahkota’ merupakan tanggung jawab bersama yang harus dijaga, kewaspadaan dan membaca peluang dengan tepat merupakan point utama dalam permainan ini.

2. Kelereng dalam pipa

Dalam permainan ini setiap kelompok dibagi menjadi 3 posisi utama, yakni:

a) Pemberi komando yang secara langsung dibebankan pada ketua kelompok. Pada posisi ini, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa tanggung jawab ketua kelompok sangatlah besar dalam menentukan strategi dan keputusan untuk dapat memasukkan kelereng sebanyak mungkin dalam pipa.

b) Pemegang bambu dan Pemungut kelereng yang terjatuh  merupakan beberapa anggota yang bersedia atau dipilih oleh ketua kelompok. Pada posisi ini, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa setiap anggota yang berada posisi ini wajib memperhatikan tugas yang dia emban masing-masing dalam berbagai aspek, misalnya dalam aspek pengontrolan gerak laju kelereng atau menjaga keutuhan kelereng-kelereng yang terjatuh. Dalam hal ini, setiap anggota tidak perlu meragukan keputusan dari pemberi komando (ketua kelompok) karena bagaimanapun itu pemegang keputusan terbesar adalah pemberi komando.

c) Pemegang kendali pipa merupakan salah satu anggota yang bersedia atau dipilih oleh ketua kelompok. Pada posisi ini, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa anggota yang berada posisi ini berusaha untuk melakukan finalisasi goal yang akurat dari kesempatan kelereng yang sudah sampai padanya.

Pelajaran yang dapat diambil penulis dari permainan ini antara lain:

a) Kesempatan tidak datang karena diinginkan, tapi kesempatan ada karena kita selalu mencoba untuk mendekati kesempatan tersebut. Jangan takut mencoba dan salah, karena semakin banyak kita mencoba dan salah, kita akan segera menemukan yang benar. Ibarat kelereng yang di gulirkan satu-persatu hanya akan berfokus pada satu kesempatan saja… jika gagal, ya sudah… namun jika digulirkan banyak kelereng entah itu akan masuk atau tidak, yang terpenting adalah mengambil kesempatan sebanyak mungkin tanpa memperdulikan berapa nanti yang akan masuk ke dalam pipa.

b) Pekerjaan yang paling baik, adalah pekerjaan yang dilakukan dengan maksimal. Suatu pekerjaan akan menjadi sangat bernilai jika kita mengerjakannya dengan sungguh-sungguh dan fokus, tanpa perlu kita memperdulikan tanggung-jawab orang lain yang kita perhatikan seakan-akan kita mampu mengerjakannya karena sebenarnya.. tanggung-jawab terhadap diri sendiri adalah fondasi utama.

3. SpiderWeb

Permainan ini menggunakan alat bantu berupa jaring-jaring yang hampir menyerupai jaring laba-laba, terdiri dari 20 lubang jaring (kotak) yang terbagi menjadi 2 baris. Dalam permainan ini setiap kelompok wajib memindahkan seluruh anggota kelompoknya pada area yang berbeda. Pada permainan ini penulis mengasumsikan bahwa permainan ini melatih kepercayaan diri kepada sesama anggota, tanggung jawab untuk mendahulukan teman yang lain (jika dibutuhkan), saling membantu dalam menyelesaikan permasalahan.

4. Ranjau Musuh

Pada saat permainan ini, setiap ketua kelompok wajib memimpin seluruh anggotanya untuk melewati sebuah terowongan tali yang berukuran kecil dan berbelok dengan cara merayap. Permainan ini bertujuan untuk melatih anggota kelompok untuk memahami batasan-batasan berdasarkan perintah ketua kelompok yang menjadi pemandu anggota untuk bisa berhasil melewati terowongan tali tersebut.

5. Menembus Waktu

Permainan ini terdiri dari 11 kolom dan 7 baris dengan beberapa kotak (cell) tertentu yang diperbolehkan untuk dilewati. Permainan ini berlaku untuk setiap anggota dalam kelompok termasuk ketua kelompok, dengan posisi kotak dalam waktu yang ditentukan. Peserta hanya mendapatkan 2 kali kesempatan untuk menentukan kemana arah yang benar. Permainan ini melatih peserta untuk berani memilih keputusan yang akan diambil dengan tepat dan benar, apabila salah kita masih memiliki kesempatan untuk mengulang lagi tentunya dengan tanggung-jawab dan tekat yang lebih bulat dari kesempatan sebelumnya (saat merasakan gagal).

6. Mengisi Pipa Air yang berlubang

Setiap kelompok pada permainan ini memiliki 3 posisi utama, antara lain:

a) Menutup lubang pipa, posisi ini sangat penting karena  posisi inilah yang menentukan terselesaikannya masalah-masalah (dalam hal ini, air yang bocor) yang ada pada pipa tersebut.

b) Mengambil air dari danau, posisi ini adalah posisi pendukung yang juga sangat penting, karena berhubungan dengan kecepatan dalam penyediaan air.

c) Menuangkan air kedalam pipa, posisi ini tidak kalah pentingnya dengan posisi yang lain, karena posisi inilah yang menentukan seberapa banyak air yang bisa masuk ke dalam pipa.

Dalam permainan ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa saling melengkapi antara satu posisi dengan posisi lainnya dengan penuh tanggung jawab, akan sangat membantu mewujudkan misi yang ditargetkan.

7. Air Keseimbangan

Permainan ini dilaksanakan dengan cara mengisi air dalam sebuah ember dari salah satu ember lain yang diikatkan pada 4 buah tali di setiap sudut. Pada permainan ini, penulis mengasumsikan bahwa permainan ini dibutuhkan kerjasama dan komunikasi yang baik dan tidak terburu-buru (pelan tapi pasti) antar anggota untuk dapat mencapai tujuan.

8. Menyambung Potensi

Permainan ini dilakukan dengan menghitung jarak panjang sambung-menyambung antara satu anggota dengan anggota yang lainnya dalam sebuah kelompok dengan menggunakan seluruh barang yang dimilikinya. Pada permainan ini, penulis mengasumsikan bahwa permainan ini melatih setiap anggota bagaimana cara sambung menyambung komunikasi dan silatuhrohmi antar anggota dengan memberikan apapun yang dimilikinya sebagai asset bersama (berbagi).

4 thoughts on “Games Outbound 13 Juli 2012 “Program Alih Jenjang D3-D4 SEAMOLEC-ITB”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s