3 Kali Menyapa Java :)

Udah lama sih kenal Java, tapi bukan jadi bahasa yang aku fokusin… ya mungkin karena dari awal belajar pemrograman pas di smk udah kenalan duluan sama PHP. Di smk sebenernya juga udah dikenalin java, cuman belum interest meski masih rajin mengikuti pelajaran (sekedar kewajiban dan pengetahuan) waktu itu 2008-2009 java lagi naik daun. Nah, pas di D3 di Poltekom, juga kenalan lagi sama Java, dan masih belum interest😀 hhaha… masih setia sama PHP. Apalagi pas waktu TA, kenalan sama CodeIgniter 2.01 makin asik aja maen-maen sama bahasa PHP [loh kok curhat? -_-“ dikit lah yakk]. Dan akhirnya, hari ini ketemu lagi sama Java setelah hampir 3 tahun first-sight dengan bahasa pemrograman satu ini. Pas iseng-iseng ngecek bahasa program terpopuler 2012 di Dunia (http://sabarsan.blogspot.com/2012/07/imghttpi480.html) bahasa yang aku fokusin merosot 2 line -_-“ sekarang bahasa PHP udah jadi bahasa umum (kalangan-web-programmer-kali-yak) bahkan orang umum bisa dengan cepat belajar otodidak. Masih kesengsem sih sama si PHP, cuman ya udahlah… saatnya move-on buat ngikutin jaman, belajar Java dengan serius. Capcuss :p (sekilas-info-yg-telat: belajar javanya udh dari kemaren, baru posting sekarang -_-).

sejarah singkat Pada 1991 (wakh, pas baru lahir nih aku :p), sekelompok insinyur Sun dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling ingin merancang bahasa komputer untuk perangkat konsumer seperti cable TV Box. Karena perangkat tidak memiliki banyak memori, maka bahasa komputer harus berukuran kecil dan memiliki kode yang liat. Juga karena manufaktur-manufaktur berbeda memilih processor yang berbeda pula, maka bahasa harus bebas dari manufaktur manapun. Berdasarkan kebutuhan untuk fleksibilitas, kecil, liat dan yang netral terhadap platform maka hal ini mengantar tim mempelajari implementasi Pascal yang pernah dicoba. Niklaus Wirth, pencipta bahasa pascal telah merancang bahasa portable  yang menghasilkan intermediate code (merupakan salah satu bentuk translasi atau proses penerjemah bahasa yang berada diantara source-code and executable-code atau dengan kata lain sebagai penghubung antara source-code dengan executable code) untuk mesin hipotesis. Mesin ini sering disebut dengan mesin maya (virtual machine).Kode ini kemudian dapat digunakan di sembarang mesin yang memiliki interpreter. Hal ini dimanfaatkan oleh tim untuk mengatasi isu utama tentang netral terhadap sumber lain.

Kebanyakan orang-orang yang berada dalam tim adalah orang-orang dengan kemampuan bahasa C++ maka kebanyakan sintaks diambil dari bahasa tersebut, serta mengadopsi orientasi objek bukan prosedural. Nama Java sendiri terinspirasi pada saat mereka sedang menikmati secangkir kopi di sebuah kedai kopi yang secara tidak sengaja salah seorang diantara mereka menyebutkan kata Java yang berarti asal bijih kopi. (JENI)

Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Orable dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model object yang lebih sederhana (http://id.wikipedia.org/wiki/Java).

teknologi java

1. Bahasa Pemrograman. Sebagai bahasa pemrograman, teknologi Java dapat membuat seluruh bentuk aplikasi dekstop, web, dan lainnya (seperti bahasa program konvensional lainnya). Java adalah bahasa pemrograman berbasis objek (OOP)  dan dapat dijalankan diberbagai platform sistem operasi. Perkembangan java tidak hanya terfokus pada satu sistem operasi , tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat opensource

2. Development Environment. Sebagai peralatan pembangun, teknologi Java menyediakan banyak tools: compiler, intrepreter, penyusun dokumentasi, paket kelas dan sebagainya.

3. Aplikasi. Aplikasi dengan teknologi Java secara umum adalah aplikasi serba guna yang dapat dijalankan pada seluruh mesin yang memiliki Java Runtime Environment (JRE)

4. Deployment Environment. 2 komponen utama pada Deployment Environment yakni JRE, yang terdapat paket J2SDK, mengandung kelas-kelas untuk semua kelas paket teknologi Java yang meliputi kelas dasar dari Java, komponen GUI dan sebagainya. Komponen yang lain terdapat pada Web Browser. Hampir seluruh web browser komersial menyediakan environment dan runtime dari teknologi Java.Java adalah bahasa pemrograman berbasis Object Oriented Programming (OOP) yang dapat dijalankan diberbagai Sistem Operasi.

Kenapa Java? berdasar white paper resmi dari SUN. Java memiliki karakteristik berikut:

1. Sederhana. Bahasa menggunakan sintaks mirip C++ namun telah banyak diperbaiki terutama menghilangkan pointer yang rumit dan multiple inherintance. Java juga menggunakan automatic memory dan memory garbage collection.

2. OOP. Hal ini membuat program dapat dibuat secara modular. OOP memodelkan dunia nyata menjadi bentuk objek dan melakukan interaksi dengan objek-objek tersebut.

3. Distribusi mudah. Java dibuat untuk membangun aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada Java.

4. Interpreter. Program java dijalankan menggunakan interpreter yaitu JVM (Java Virtual Machine) sehingga source code Java yang telah dikompilasi menjadi Java bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda

5. Robust. Java mempunyai reliatibilitas yang tinggi. Compiler pada Java mempunyai kemampuan mendeteksi error secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. Java mempunya runtion-Exception handling untuk membantu mengatasi error pada pemrograman

6. Aman. Java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.

7. Architecture Neutral. Progam Java merupakan platform independent. Program cukup mempunyai satu buah versi yang dapat dijalankan pada platform yang berbeda dengan Java Virtual Machine.

8. Portable. Source code maupun program Java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang

9. Performance. Sering dikatakan kurang tinggi, namun dapat ditingkatkan menggunakan kompilasi Java lain seperti buatan Inprise, Microsoft ataupun Symantec yang menggunakan Just In Time Compilers (JIT)

10. Multithreaded. Java mempunyai keamanan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dan simultan.

11. Dinamis. Java di desain untuk dapat dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan pada suatu class dengan menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa mengganggu program yang menggunakan class tersebut.

 

 

Java Development Kit (JDK) merupakan software development kit yang digunakan dalam pemrograman bahasa Java ketika mengembangkan aplikasi Java. JDK berjalan diatas sebuah virtual machine yang dinamakan JVM (Java Virtual Machine). JVM merupakan sebuah mesin imajiner (maya) yang bekerja menyerupai aplikasi pada sebuah mesin nyata. Java Runtime Environment (JRE) merupakan sebuah paket lingkungan yang dibutuhkan apabila hendak menjalankan aplikasi Java.

Salah satu aplikasi editor yang dapat digunakan untuk mengembangkan bahasa Java adalah Netbeans. Dalam hal ini penulis menggunakan Netbeans versi 6.8 karena stabil. Sebelum instalasi Netbeans, terlebih dahulu installah JDK dan JREnya dulu.

Apabila Anda telah melakukan instalasi Java, maka Anda perlu menyetting beberapa hal dengan mengikuti langkah dibawah ini:

Prekondisi : Praktek kali ini penulis menggunakan OS Windows 7

1. Klik kanan pada MyComputer Anda, pilih Properties. Kemudian pilih menu Advanced System Settings. Sehingga akan tampil kotak dialog seperti dibawah ini:

2. Tekan Environment Variable. Sehingga akan tampil seperti berikut:

3. Pada panel System variables, tekan tombol New. Sehingga akan tampil seperti berikut:

4. Isikan seperti diatas. Tekan OK, maka window akan kembali Nampak seperti gambar pada langkah 3. Pilih Variable Path, tekan tombol “Edit”. Tambahkan beberapa kalimat tambahan disamping kalimat yang sudah tersedia, seperti berikut:

5. Tekan OK. Coba Anda jalankan cmd, dan ketikkan perintah javac. Apabila konfigurasi sudah benar, maka akan tampil seperti berikut:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s