Dasar Pemrograman Java

Dalam bahasa pemrograman java tidak terlepas dari kelas. Kelas merupakan bentuk logis yang menjadi landasan bangun seluruh bahasa pemrograman berorientasi object. Kelas mendefinisikan bentuk dan perilaku object.  Kelas merupakan sarana pengkapsulan kumpulan data dan metode-metode yang beroperasi pada kumpulan data. Data dan metode untukk mendefinisikan isi dan kemampuan object. Kelas adalah cetakan object. Object harus merupakan instan suatu kelas. Kelas digunakan untuk menciptakan banyak object.

Dalam sebuah kelas, terdapat 3 bagian utama, yakni:

1. Konstruktor (constructor) digunakan untuk instansiasi object. Biasanya nama constructor sama dengan nama kelas yang sedang dibuat.

2. Variabel (variable) menyatakan atau sebagai keadaan dari kelas dan object. Penulisan variable pada bahasa Java memiliki syarat-syarat seperti berikut:

– Bersifat case sensitive sehingga mengenali karakter kapital dan karakter kecil sebagai karakter yang berbeda meskipun memiliki maksud karakter yang sama, missal: variabel Angka dengan angka, dua variabel ini akan dibaca sebagai 2 variabel yang berbeda

– Tidak menggunakan spasi

– Tidak menggunakan reserved word Java, antara lain:

Penulisan variabel dalam Java diawali dengan menuliskan tipe data di depan nama variabel. Berikut merupakan beberapa tipe data primitive yang terdapat pada bahasa Java, antara lain:

Contoh penulisan variabel, int angka=1; String Angka = “Satu”;

3. Method. Method atau fungsi dalam Java adalah suatu baris perintah yang dijalankan pada suatu object secara spesifik. Misalnya: dalam sebuah kelas Manusia, memiliki method seperti makan, tidur, sosial, dll

Dalam bahasa pemrograman java, juga dikenal beberapa modifier. Modifier adalah tanda hak akses pada resource tertentu. Macam-macam modifier tersebut antara lain:

Contoh:

3 thoughts on “Dasar Pemrograman Java

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s