Sekilas tentang Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ)

SEAMEO Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC) adalah salah satu pusat pendidikan di bawah naungan the Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) yang berkecimpung dalam bidang riset dan pengembangan, pelatihan, teknologi dan informasi, berbagi keahlian dan sumber daya di dalam dan di luar regional Asia Tenggara (http://kkpi.blogspot.com/2009/02/mengenal-seamolec.html, 11:12 PM 7/28/2012). SEAMOLEC bekerja sama dengan Universitas Terbuka (UT) dengan tujuan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. UT menjadi salah satu pendiri beberapa organisasi internasional bidang pendidikan terbuka dan jarak jauh yang salah satunya seperti SEAMOLEC (http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Terbuka, 10:54 PM 7/28/2012).

Manfaat PJJ (http://edukasi.kompasiana.com/2010/11/07/pemanfaatan-internet-sebagai-alternatif-sumber-belajar-dan-media-pendidikan-jarak-jauh/, 11:12 PM 7/28/2012):
1. Meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur (enhance interactivity). Peserta didik yang kurang percaya diri dan kurang berani menyampaikan pendapat *termasuk-saya :p* dalam diskusi-live (atau lainnya) memiliki kesempatan lebih luas untuk mengemukakan pendapat. Sehingga dalam hal ini interaksi antara peserta didik memiliki kesempatan yang sama dan luas🙂
2. Memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility).
3. Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (potential to reach a global audience). Dengan demikian jarak ruang dan waktu tidak lagi menjadi hambatan. Kesempatan belajar benar-benar terbuka bagi siapa saja.
4. Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities)

Sistem PJJ adalah metode pengajaran dimana aktivitas pengajaran dilaksanakan secara terpisah dari aktivitas belajar. Sitem PJJ merupakan suatu alternatif pemerataan kesempatan pendidikan. Sistem ini dapat mengatasi beberapa masalah yang ditimbulkan akibat beberapa diantaranya: keterbatasan tenaga pengajar, jarak antara lembaga pendidikan dan mahasiswa, kelangkkaan pengajar berkualitas, dan lain-lain.

Pendekatan sistem pengajaran yg dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengajaran secara langsung (real time) ataupun dengan cara menggunakan sistem sebagai tempat pemusatan pengetahuan.

Tidak seperti sistem pendidikan langsung, sistem PJJ membutuhkan pengelolaan dan manajemen pendidikan yang “khusus”, baik dari sisi siswa maupun instruktur agar tujuan pendidikan bisa terwujud.

Dari sisi instruktur (guru) beberapa faktor yang penting untuk keberhasilan sistem pendidikan jarak jauh adalah perhatian, percaya diri guru, pengalaman, mudah menggunakan peraltan, kreatifitas, active learning, dan kemampuan menjalin interaksi dan komunikasi jarak jauh dengan siswa. Juga memperhatikan hambatan teknis yang mungkin terjadi, sehingga PJJ bisa berlangsung efektif.

Dari sisi siswa, salah satu faktor yang penting adalah keseriusan mengikuti proses belajar mengajar di saat instruktur (guru) tidak berhadapan langsung dengan siswa. Pada level ini, keterlibatan dan kehadiran ‘orang-orang’ di sekitar, termasuk anggota keluarga memegang peranan penting dan strategis. Kehadirannya bisa mendukung berlangsungnya proses belajar mengajar secara efektif, tapi sebaliknya bisa juga menjadi penghambat. Faktor yang liannya adalah active learning dan komunikasi yang efektif. Partisipasi aktif siswa PJJ mempengaruhi cara bagaimana mereka berhubungan dengan materi yang akan dipelajari.

Karakteristik PJJ:
a) Ada keterpisahan yang mendekati permanen atara tenaga pengajar (guru atau dosen) dari peserta ajar (siswa atau mahasiswa) selama prgram pendidikan
b) ada keterpisahan yang mendekati permanen antara peserta ajar dengan peserta ajar lainnya
c) ada suatu institusi yang mengelola program pendidikannya
d) pemanfaatan sarana komunikasi baik mekanis maupun elektronis untuk menyampaikan bahan ajar,
e) Penyediaan sarana komunikasi dua arah sehingga peserta ajar dapat mengambil inisiatif dialog dan mengambil manfaatnya

Keuntungan dari PJJ dengan pemanfaatan internet sebagai media pendidikan:
a) Real Time & on-demands online information
b) Mobility access, fleksibel dan praktis (dapat dilaksanakan kapan saja sesuai keinginan kita)
c) Menjangkau wilayah geografis yang luas
d) User friendlu, bebas repot dan ruwet
e) Benefit in cost, mengurangi (menghemat) biaya pendidkan secara kseluruhan
f) Mengoptimalkan kualitas belajar
g) Less administrative papers
h) Dapat melengkapi aktivitas belajar konbensional
i) Cara belajar yang aman dan sehat
j) Alternatif media belajar dari anak-anak, remaja, dewasa sampai orang tua, belajar fleksibel tanpa terikat jadwal+menyenangkan
k) Melatih pembelajar lebih mandiri dan berkembang dalam ilmu dan pengetahuan
l) Fleksibel memilih materi yang benar-benar kita inginkan dan hanya yang kita butuhkan
m) Source ilmu dan informasi yang tidak terbatas (bahkan berlimpah) sehingga kuncinya bukan mendapatkan kesemuanya namun filtering yang kita butuhkan saja serta menghemat waktu proses belajar mengajar

Selama beberapa hari kemarin, dapet kesempatan untuk mengikuti perkulian PJJ secara realtime (meski cuma beda 1 lantai hehehe). Cukup seru. Pada awalnya, sangat susah beradaptasi dengan sistem ini karena dari faktor eksternal serta internal dituntut untuk siap secara fisik baik fasilitas maupun kesiapan-fisik-mhsiswa. Namun setelah baca-baca artikel diatas, saya katakan w-o-w😀 lumayanlah hari kemarin untuk adaptasi. Semoga nanti dikasih lagi PJJ seperti kemarin (meski cuma beda satu lantai hehehhe) agar bisa lebih siap lagi untuk menghadapi program PJJ di kurikulum mendatang. Lebih mantep lagi jika disediakan sebuah file dalam bentuk video untuk merekam perkuliahan saat itu, sehingga nanti bisa diputar kembali dan semakin w-o-w dalam bentuk pembelajaran, hal ini akan sangat bermanfaat terutama bagi saya, mahasiswa-yg-sering-lupa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s