Survey Lapangan Magang di SMKN 3 Tangerang Selatan

Hari ini dilaksanakan survey lapangan ke tempat magang masing-masing tim yang sudah terbagi. Anggota tim saya terdiri dari 4 orang, 2 orang wanita (saya dan mbak Riskia — mahasiswi TKJ Amikom) dan 2 orang pria (Budi dan Dimas). Secara kebetulan, kami semua ternyata bisa bahasa jawa, namun tentu saja mengusahakan untuk berkomunikasi menggunakan bahasa nasional Bahasa Indonesia🙂

Sinar matahari hari itu panas. Alhamdulillah, kami berangkat dalam keadaan berpuasa dan penuh semangat meskipun kami semua tidak tau dimana dan seperti apa SMKN 3 Tangerang Selatan itu. Sempat abis saur saya googling informasinya di http://id.wikipedia.org/wiki/SMK_Negeri_3_Tangerang_Selatan dan sebuah maps dari google (gambar menyusul).

Pagi-pagi tanyain ibu kos, daerah yang nanti dituju. Beliau memberi informasi berapa kali naik angkot dan naik angkot apa *ibu-kosku-emang-care-banget (alhamdulillah). Jam 9 nyampe di SEAMOLEC, jam 11 san baru dapet surat tugas. Langsung capcus ke tempat magang. Dalam hatiku, nyasar nggak nyasar bikin pengalaman aja. Pas berangkat nggak ada gambaran sama sekali bagaimana nanti disana. Apalagi dalam tim yang memiliki background yang hampir mendekati penjurusan disana hanya satu orang, dan itu bukan saya, tapi teman saya Dimas dari Polinema.

Sekitar jam setengah dua belas sampai di portal depan. Setelah beberapa kali nanya jalan ke penduduk sekitar, ternyata SMKN 3 Tangerang Selatan itu berada di balik bukit😀 hehehe… dalam keadaan panas menyengat kami berjalan sekuat tenaga menahan lapar dan haus serta menjaga iman untuk baik-baik saja. Yah, setelah sampai disana kami segera menghadap kepada salah seorang Guru, Bapak Surya (hal ini dikarenakan kepala sekolah sedang tidak ada ditempat).

Kami kemudian menyampaikan maksud dan tujuan kami melaksanakan magang tersebut. Bapak Surya setuju, dan memberi kami kesempatan untuk memberikan materi 2D manual (dengan aplikasi Flash) dan 3D menggunakan aplikasi Blender. Kelas yang nanti kami ajar ada 5 kelas (dari kelas 11 sampai 12) dengan total pertemuan sekitar 6 minggu kedepan. Kami diharapkan dapat memberi materi pada seluruh kelas dengan retan waktu 4 jam 2 kali pertemuan setiap kelas (tim dibagi menjadi 2 kelompok) yang dialokasikan pada shift 1 yakni jam 7 hingga 11 pagi. Ini merupakan PR besar buat tim kami, karena kami terdiri dari 1 orang basic Animasi, 2 orang basic Informatika Teknik Media Digital, dan 1 orang basic Teknik Komputer Jaringan. nb: kabar terakhir Kepala Sekolah sudah menyetujui permohonan magang kami melalui Bapak Surya.

Sangat bersemangat. Sangat nerves, dan sangat antusias untuk belajar lagi tentang dunia lain (khususnya Animasi dan pengalaman mengajar). Semoga pengajaran yang nanti kami laksanakan bisa bermanfaat bagi peserta didik di SMKN 3 Tangerang Selatan, staff pengajar atau guru, serta bagi tim sendiri. Amin ya robbal a’lamin. Terimakasih untuk kesempatan hari ini ya Allah, dan kesempatan untuk melakukan pengajaran pada bapak-ibu seamolec.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s