Sekilas Tentang PHP, CodeIgniter, dan HTAccess

Apasih PHP? PHP merupakan singkatan dari PHP Hypertext Processor. Penciptanya adalah Rasmus Ledrof. PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang bersifat open source yang bekerja pada server-side. Maksud dari server-side ini adalah bahasa pemrograman PHP tidak dapat langsung di sajikan kepada pengguna melainkan harus melewati server terlebih dahulu, hal ini dikarenakan bahasa pemrograman PHP membutuhkan intrepreter untuk mengekstrak bahasa PHP menjadi bahasa HTML yang bersifat client-side (dimana bahasa dapat langsung disajikan kepada pengguna). Pada umumnya bahasa pemrograman PHP sering digunakan dalam pembangunan aplikasi berbasis web statis maupun dinamis.

Kelebihan PHP : Dalam sisi pemahaman, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah dipahami karena memiliki banyak referensi ; PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan diberbagai mesin (Linux, Unix, Windows, Macintosh) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah sistem.; Mendukung banyak DBMS (MySQL, PostgreSQL, SQL Server, Oracle, Informix)

Ciri-ciri PHP : ekstensi file berupa “.php”; Case Sensitive dimana ia akan membedakan setiap karakter kecil dengan karaktek kapital; Eksekusi perintah atau mengakhiri perintah menggunakan tanda “;”; Diawali dengan tanda “<?” atau “<?php” dan diakhiri dengan tanda “<?”.

Bahasa pemrograman PHP dapat diterapkan dalam orientasi object. Mayoritas bentuk oop pada bahasa pemrograman PHP diimplementasikan pada framework, salah satunya adalah CodeIgniter. Framework sendiri adalah kumpulan fungsi-fungsi standar yang sering digunakan ketika membangun aplikasi berbasis web. CodeIgniter merupakan salah satu framework yang mudah dipelajari dan dikembangkan.
Code Igniter menerapkan MVC Design Pattern yang terdiri dari:
a. Model merupakan sesuatu file class yang berisi kumpulan proses yang terkait dengan database
b. View merupakan sesuatu file yang digunakan sebagai layout tampilan data yang telah diproses sehingga kemudian dapat disajikan pada user
c. Control merupakan suatu file class yang digunakan sebagai pengontrol utama sehingga dapat sampai pada file Model dan atau file View

Kelebihan CodeIgniter: Gratis, ringan, terstuktur, mudah dipelajari, fitur yang lengkap serta dokumentasi yang lengkap.

HTAccess adalah file konfigurasi yang disediakan oleh web server Apache, yang biasanya digunakan untuk mengubah settingan default dari Apache.
Contoh isi dari file .Htaccess:
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteCond $1 !^(index\.php|data|template|js|css)
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]
</IfModule>
Penjelasan:
RewriteEngine on –> Mengaktifkan Module ReWrite
RewriteCond –>Mengarahkan (redirect) dari satu halaman ke halaman yang lain

RewriteRule   –> rule atau aturan proses direct. bila tidak sesuai pola maka URL yang di baca server sesuai dengan yang tertulis di browser.
^(.*)\.htm$      –> pola rule, artinya baca dari character pertama “diwakili tanda ^”, di lanjutkan dengan karakter apa saja “diwakili tanda .” ulangi sebanyak charater yang ada di “wakili tanda *”, diakhiri .htm “diwakili \.htm”, sampe character terakhir “diwakili tanda $”. tanda kurung berfungsi sebagai pengklompok pada kasus di atas memisahkan http://localhost/testing dengan .htm,
$1.php –> $1 adalah nilai yang di ambil dari Pola di atas yang di apit tanda kurung,
pada kasus di atas adalah http://localhost/testing setelah itu di lanjutkan dengan .php,
sehingga hasil akhir menjadi http://localhost/testing.php

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s