Dasar Pemrograman Java

Dalam bahasa pemrograman java tidak terlepas dari kelas. Kelas merupakan bentuk logis yang menjadi landasan bangun seluruh bahasa pemrograman berorientasi object. Kelas mendefinisikan bentuk dan perilaku object.  Kelas merupakan sarana pengkapsulan kumpulan data dan metode-metode yang beroperasi pada kumpulan data. Data dan metode untukk mendefinisikan isi dan kemampuan object. Kelas adalah cetakan object. Object harus merupakan instan suatu kelas. Kelas digunakan untuk menciptakan banyak object. Baca lebih lanjut

Iklan

3 Kali Menyapa Java :)

Udah lama sih kenal Java, tapi bukan jadi bahasa yang aku fokusin… ya mungkin karena dari awal belajar pemrograman pas di smk udah kenalan duluan sama PHP. Di smk sebenernya juga udah dikenalin java, cuman belum interest meski masih rajin mengikuti pelajaran (sekedar kewajiban dan pengetahuan) waktu itu 2008-2009 java lagi naik daun. Nah, pas di D3 di Poltekom, juga kenalan lagi sama Java, dan masih belum interest 😀 hhaha… masih setia sama PHP. Apalagi pas waktu TA, kenalan sama CodeIgniter 2.01 makin asik aja maen-maen sama bahasa PHP [loh kok curhat? -_-“ dikit lah yakk]. Dan akhirnya, hari ini ketemu lagi sama Java setelah hampir 3 tahun first-sight dengan bahasa pemrograman satu ini. Pas iseng-iseng ngecek bahasa program terpopuler 2012 di Dunia (http://sabarsan.blogspot.com/2012/07/imghttpi480.html) bahasa yang aku fokusin merosot 2 line -_-“ sekarang bahasa PHP udah jadi bahasa umum (kalangan-web-programmer-kali-yak) bahkan orang umum bisa dengan cepat belajar otodidak. Masih kesengsem sih sama si PHP, cuman ya udahlah… saatnya move-on buat ngikutin jaman, belajar Java dengan serius. Capcuss :p (sekilas-info-yg-telat: belajar javanya udh dari kemaren, baru posting sekarang -_-).

sejarah singkat Pada 1991 (wakh, pas baru lahir nih aku :p), sekelompok insinyur Sun dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling ingin merancang bahasa komputer untuk perangkat konsumer seperti cable TV Box. Karena perangkat tidak memiliki banyak memori, maka bahasa komputer harus berukuran kecil dan memiliki kode yang liat. Juga karena manufaktur-manufaktur berbeda memilih processor yang berbeda pula, maka bahasa harus bebas dari manufaktur manapun. Baca lebih lanjut